Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Pusat UIN Jakarta



Ketika ada tugas sekolah, kuliah, atau tugas lainnya dan membutuhkan informasi lebih banyak dan akurat, kemana tujuan utama yang terfikirkan oleh readers untuk mencari mendapatkan informasi  tersebut?

Toko buku? Perpustakaan? atau menjelajahi informasi di internet menggunakan gadget?
Yang menjawab perpustakaan

Tahukah readers?

Perpustakaan Pusat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki banyak sekali judul-judul koleksi yang disediakan untuk memenuhi civitas akdemikanya dalam proses belajar, mengajar, penelitian, dan lain sebagainya. Untuk keperluan penelitian, hingga tahun 2014 tercatat bahwa terdapat 4.999 judul yang tersitasi dalam karya penelitian dosen. Data tersebut diperoleh dari daftar bibliografi atau daftar pustaka dari 217 laporan penelitian dengan berbagai kategori.
Wah, jumlah tersebut banyak bukan?

Hal tersebut terdapat dalam laporan penelitian yang dilakukan oleh salah satu dosen Prodi Ilmu Perpustakaan dan staff Perpustakaan Pusat UIN Jakarta yaitu Siti Maryam, S.Ag, SS, M.Hum. Beliau mengambil 10% sampel dari populasi tersebut. Dengan kesimpulan dari sampel tersebut terdapat 33 % saja dari koleksi Perpustakaan Pusat UIN Jakarta yang memenuhi kebutuhan penelitian dosen. Jika dinilai jumlah tersebut termasuk ke dalam parameter 21-40% yang berarti masih kurang.
Readers bisa baca lebih lanjut dengan klik link berikut ini http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29673


Sumber Gambar :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirvcFyst3EhilaXRoTJ7Zlf8WHx4a6P52zwjpnilYPfIDk7Qu5p7DhyCO42Gcf3H0DlYrzBNeQ0Bj1hPaAi4vo_0MTmMhH_Bx_XFHhlxu4r1bkOXTMBDeeC_fh_1CYo3QTMs8720Trg-w/s1600/Perpustakaan.jpg

2 comments: