Teknologi Informasi Dan Pustakawan



Sudah tidak dapat dipungkiri lagi di masa sekarang, perkembangan teknlogi informasi sudah sangat luas dan global, berpengaruh terhadap berbagai disiplin ilmu lainnya seperti kesehatan, sains, dan salah satunya adalah perpustakaan.

Perpustakaan juga terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi, dimana perpustakaan merupakan sumber informasi dan salah satu perannya adalah menyediakan sumber informasi yang dibutuhkan dan mencerdaskan masyarakat sekitarnya.

Perkembangan teknologi informasi membawa perpustakaan lebih berkembang, dalam hal melayani pemustakanya dan melakukan segala kegiatan perpustakaan menggunakan sistem otomasi. Dengan begitu juga dampaknya berpengaruh terhadap pustakawan. Dimana pustakawan dituntut harus belajar dan memiliki kemampuan mengoperasikan teknologi informasi yang digunakan dalam kegiatan perpustakaan tersebut.

Selain itu pustakawan di masa sekarang juga harus memiliki sifat inisiatif dan kreatif, dimana perpustakaan sudah masuk ke jaringan internet yang dapat digunakan untuk berpromosi dan membuat perpustakaan digital.

Mau lebih tahu tentang pustakawan di masa sekarang? Readers bisa klik link berikut ini untuk membaca selengkapnya http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/1569


Sumber Gambar

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/0d/Docente_Innovador.jpg

0 komentar: