Tutorial penggunaan OneSearch Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah




Postingan kali ini menyambung pembahasan dari postingan sebelumnya yang berjudul Daftar Link OPAC Perpustakaan Yang Ada di UIN Jakarta yang berisi daftar list link katalog online yang ada di UIN Jakarta yang bisa diakses oleh readers melalui gadget dan jaringan via gadget atau komputer masing-masing.

Nah, kali ini saya mau kasih tau readers bagaimana menggunakan salah satu OPAC perpustakaan yang ada di UIN Jakarta. Yaitu OneSearch Perpustakaan UIN Sayrif Hidayatullah.

Sebenarnya, Indonesia OneSearch ini dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk menjangkau perpustakaan di seluruh Indonesia. Dimana katalog online perpustakaan yang ada di Indonesia dikumpulkan menjadi satu di http://onesearch.id. Dengan tujuan sebagai temu kembali koleksi dan memudahkan pengguna dalam mencari informasi. Untuk saat ini sudah ada 828 katalog online perpustakaan nusantara yang terintegrasi dengan Onesearch dengan jumlah koleksi 5.452.030 judul dan jenis yang beragam. Wow, Banyak sekali bukan?

Dari banyaknya perpustakaan tersebut terdapat beberapa perpustakaan tersebut berasal dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, termasuk perpustakaan Pusat dan perpustakaan fakultas. 

Nah itu dia sedikit pengetahuan tentang Indonesia OneSearch. Sekarang saya membagi-bagi tutorial bagaimana cara penelusuran di Onesearch

1. Ketikan alamat berikut (bisa diklik) http://onesearch.uinjkt.ac.id di web address browser dan kemudian akan muncul tampilan berikut ini:

Gambar 1. Tampilan Indonesia Onesearch Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Cara menelusurnya mudah saja. Pada tampilan tersebut terdapat kolom pencarian simple dengan mengetikkan subject yang diinginkan dan mengatur tipe pencarian menurut judul, pengarang, ISBN, Call number, dan lain sebagainya 

2. Selain itu readers bisa mengatur pencarian lebih spesifik lagi dengan filter-filter yang ada di sebelah kiri tampilan. seperti, Koleksi yang ada di perpustakaan mana, format koleksi, topic, pengarang, tahun, bahasa, dan penerbit. Seperti berikut ini:

Gambar 2. Tampilan filter Untuk mengaksesnya readers hanya mengklik sesuai kebutuhan dan keinginan

3. Dalam penelusuran koleksinya, setelah mengetikan kata kunci dan mengklik Cari akan muncul banyak koleksi yang dimiliki sesuai cakupan perpustakaan UIN Jakarta. Contoh

Gambar 3. Penelususran dengan kata kunci

Gambar 4. Hasil Pencarian

4. Setelah itu klik judul koleksi yang dinginkan untuk menampilkan deskripsi dan lokasi koleksi tersebut. dalam tampilan berikut terdapat informs judul, pengarang, format, bahasa, terbitan, subject dan notasi, dan link online aksesnya. Dari link akses tersebut readers akan ditujukan langsung ke katalog online dimana koleksi tersebut berada.

Gambar 5. Deskripsi informasi koleksi

Apabila readers scroll ke bawah akan menemukan deskripsi lebih lengkap dari lokasi kolesi, deskripsi, daftar isi dan tampilan petugas. Dalam contoh di bawah ini menyatakan bahwa koleksi tersebut dimiliki oleh Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta.

Gambar 6. Informasi lokasi koleksi dan lainnya
Nah ketemu kan koleksinya ada dimana?
Dengan adanya onesearch ini readers tidak harus berkeliling ke tiap perpustakaan yang ada di UIN Jakarta. Melelahkan bukan. Lebih baik cek aja di Indonesia Onesearch Perpustakaan UIN Jakarta ini.

Mudah bukan?

Atau readers mau ada yang ditanyakan, kritik dan sarannya yang bersifat membangun bisa langsung disampaikan di kolom komentar dibawah postingan ini.

Terima kasih. Semoga bermanfaat J


Sumber Gambar


http://ppjp.unlam.ac.id/journal/public/site/images/selamatriadigeo/onesearch.jpg
Screenshot di laman http://onesearch.uinjkt.ac.id

0 komentar: