Uniknya Peringatan Hari Santri Nasional di Pon-Pes Nurul Huda Munjul

Oleh Humairotur Rosyiqoh

Mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2015 



Peringatan Hari Santri Nasional tepat pada tanggal 22 Oktober sudah beberapa tahun belakangan sering dirayakan dengan meriah oleh para santri di penjuru Nusantara. Begitu pun pada tahun ini di tanggal 22 Oktober 2017 para santri di seluruh pondok pesantren ikut memeriahkan peringatan tersebut. Salah satunya Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Munjul Kecamatan Astanajapura, Cirebon.

Di tahun ini Pon-Pes Nurul Huda ikut memperingati Hari Santri Nasional. Namun, terdapat keunikan tersendiri dari peringatan Hari Santri Nasional tahun ini. Uniknya dari peringatan Hari Santri Nasional di Ponpes Nurul Huda ini yaitu para siswa/i bersekolah dengan memakai seragam sekolah ala santri selama 2 hari (Ahad dan Senin, 22-23 Oktober 2017). Para siswa/i pun sangat antusias akan hal ini, mereka yang biasanya memakai pakaian seragam formal lengkap dengan sepatu, dalam dua hari itu mereka memakai bawahan sarung dan sandal. Bahkan, terdapat beberapa siswa tidak memakai alas kaki dengan alasan agar terasa nyantri banget.



Gambar 1 & 2. Para Siswa/i Sedang Melakukan Kegiatan Rutin Upacara Bendera Hari Senin Dengan Mengenakan Pakaian Ala Santri

Para guru pun ikut mengenakan seragam ala santri tersebut ketika melakukan tugas KBM-nya, mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Madrasah Tsanawiyyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), hingga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).


Gambar 3. Para Guru Madrasah Aliyah (MA) Nurul Huda Mengenakan Pakaian Ala Santri lengkap dengan sarung


Gambar 4. Potret para Guru Madrasah Aliyah (MA) dalam memperingati Hari Santri Nasional

Selain kegiatan tersebut, Pengurus Lurah ‘Am Ponpes Nurul Huda juga mengadakan rangkaian kegiatan lainnya dengan tema "Wajah Pesantren Wajah Indonesia". Rangkaian acara tersebut yaitu terdapat Kirab Santri yang diikuti seluruh santri dan warga Munjul arak-arakan berkeliling desa. Di malam hari terdapat pagelaran Pentas seni karya santri yang menampilkan kreativitas santri dan dimeriahkan rebana dan genjring dengan melantunan lagu-lagu sholawat nabi.


 
Gambar 5 & 6. Acara Kirab Santri dalam Memperingati Hari Santri Nasional

Dengan diadakannya Peringatan Hari Santri Nasional semoga pesantren-pesantren di seluruh penjuru Nusantara melahirkan pemuda-pemudi bangsa yang bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas dan kreatif.  

Salam Santri ! Pemimpin Masa Depan.

Photos Source https://www.facebook.com/mts.nhm

4 comments:

  1. Salam santri 🤜🤛
    Pemimpin masadepan 👊

    ReplyDelete
  2. Salam sukses para santri....

    Pemimpin masa depan...

    ReplyDelete
  3. Salam sukses para santri....

    Pemimpin masa depan...

    ReplyDelete